Terbaru

Recent Posts

8 Makanan penambah daya ingat


10 Makanan penambah daya ingat
Ilustrasi otak. ©Shutterstock


Gaya hidup tidak sehat menjadi salah satu penyebab menurunnya daya ingat. Belum lagi, tekanan pekerjaan yang semakin tinggi. Stres juga menjadi faktor serius yang harus diperhatikan dalam masalah penurunan memori otak. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan daya ingat otak. Salah satu teknik sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan makanan sehat ke dalam menu harian Anda. Berikut adalah makanan sehat untuk otak, seperti dilansir Boldsky.

1. Ikan

Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3, yang tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga membantu meningkatkan memori dan mengatasi depresi. Asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan fungsi sel otak. Temukan asam lemak omega-3 dalam makanan berikut: herring, salmon, tuna, mackerel, halibut, teri, dan sarden.

2. Teh hijau

Polifenol dalam teh hijau merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah kerusakan sel-sel otak. Teh hijau juga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan memori dan memperlambat penuaan otak.

3. Berries

Berries kaya akan quercetin, yang dipercaya dapat membantu fungsi sel-sel otak. Berries juga mengandung banyak antosianin, sebuah fitokimia yang bertugas untuk mencegah penurunan memori, terutama yang berhubungan dengan Alzheimer. Beberapa buah yang baik untuk otak adalah raspberry, apel dan blueberry.

4. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dalam jangka panjang. Bayam, selada, brokoli, kembang kol dan kubis adalah beberapa jenis sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan keseluruhan sistem tubuh.

5. Kacang Kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin E dan B6 yang dapat membantu meningkatkan memori otak. Mengkonsumsi segenggam almond setiap hari tidak hanya meningkatkan memori otak, tetapi juga menyehatkan seluruh tubuh.

6. Produk susu

Produk olahan susu kaya akan kalsium. Beberapa sumber yang kaya akan kalsium adalah susu, keju, mentega dan yogurt. Produk-produk ini dikenal ampuh dalam memelihara sel-sel otak. Secara khusus, yogurt mengandung asam amino tirosina , yang bertanggung jawab untuk meningkatkan meningkatkan daya ingat.

7. Air

Seperti kita ketahui, hampir tiga perempat dari otak kita adalah air. Jadi, perbanyak asupan air untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan otak kita melepaskan hormon yang disebut kortisol yang membuat daerah di otak kita menyusut. Daerah tersebut bertugas untuk menyimpan informasi. Bayangkan jika daerah itu menyusut?

8. Wine

Alkohol juga memiliki sisi baik jika dikonsumsi secara bijak. Wine dapat meningkatkan memori dan kognisi. Selain itu, minuman ini juga dapat meningkatkan aliran darah di otak dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Wine bahkan tidak hanya baik untuk otak, tetapi juga hati.

Sumber: merdeka.com
 

Sample Footer

Sample Footer

Sample Footer

Sample Footer

Copyright © 2013. hidup sehat - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com