Terbaru

Recent Posts

6 Makanan sehat untuk radang amandel

6 Makanan sehat untuk radang amandel
Ilustrasi bubur ayam. ©2013 Merdeka.com/shutterstock/heinteh5
1


Tonsilitis adalah infeksi tenggorokan yang terjadi pada tonsil atau amandel. Amandel adalah dua buah kelenjar getah bening yang terletak di sisi belakang tenggorokan. Tugas dari amandel adalah mencegah infeksi pada organ pernapasan.

Tonsilitis sering disertai dengan gejala sakit tenggorokan, amandel bengkak, nyeri tenggorokan, gatal, sakit telinga, demam dan menggigil. Akibatnya, orang sulit untuk makan dan minum. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman sehat yang dapat membantu menyembuhkan radang amandel secara alami, seperti dilansir Boldsky.

1. Bubur

Bubur lebih mudah ditelan dibanding nasi biasa. Anda juga dapat menambahkan rempah-rempah seperti cengkeh untuk menyembuhkan tonsilitis.

2. Bayam

Sayur bayam bisa menyembuhkan infeksi tenggorokan. Jangan lupa tambahkan sedikit bubuk lada hitam. Selain lezat, sayur bayam juga dapat menyembuhkan tenggorokan yang gatal dan sakit.

3. Kentang tumbuk

Ini adalah makanan yang efektif untuk menyembuhkan tonsilitis. Kentang tumbuk juga membuat kenyang lebih lama lho.

4. Jahe

Jahe merupakan salah satu makanan yang efektif untuk mengobati tonsilitis dan infeksi tenggorokan lainnya. Anda dapat membuat minuman jahe hangat dan menambahkan beberapa tetes madu untuk menyembuhkan amandel. Jahe juga efektif dalam mengobati batuk kering.

5. Madu

Anda dapat membuat minuman madu hangat atau mencampurnya dengan bubuk lada hitam untuk menyembuhkan tonsilitis.

6. Lemon dan madu

Ambil segelas air (kondisi suam-suam kuku), tambahkan beberapa tetes madu dan perasan jeruk nipis. Aduk rata dan minum.

Inilah enam makanan yang dapat mengobati masalah radang amandel secara alami. Jika keluhan Anda semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter.

Sumber: merdeka.com
 

Sample Footer

Sample Footer

Sample Footer

Sample Footer

Copyright © 2013. hidup sehat - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com