Terbaru

Recent Posts

Kenali 7 pemicu kerusakan hati!


Kenali 7 pemicu kerusakan hati!

Konsumsi alkohol dapat menyebabkan penyakit serius seperti hati berlemak atau sirosis hati. Namun, apakah hanya pecandu alkohol saja yang berisiko terkena? Tentu saja tidak. Mereka yang tidak minum alkohol juga sama-sama berisiko menderita kerusakan hati jika tidak menerapkan gaya hidup sehat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang yang tidak mengonsumsi alkohol juga berisiko memiliki masalah hati, seperti dilansir Boldsky.

1. Makanan berminyak

Terlalu banyak makan makanan berminyak tidak baik untuk hati. Lemak ekstra yang tidak disintesis akan diendapkan pada hati. Hal ini menyebabkan gangguan yang disebut sindrom lemak hati. Gejala dari masalah hati ini adalah gangguan pencernaan, mual dan muntah.

2. Makanan pedas

Bila Anda menderita penyakit kuning, dokter akan meminta Anda untuk berhenti makan makanan pedas. Terlalu banyak makan makanan berempah juga bisa mengganggu hati Anda.

3. Infeksi

Kasus pembesaran hati seringkali merupakan hasil dari infeksi. Jika Anda memiliki infeksi perut karena makanan tidak higienis, hati akan terkena dampaknya.

4. Air yang tercemar

Konsumsi air yang tercemar merupakan salah satu alasan munculnya penyakit hati seperti penyakit kuning. Konsumsi minuman yang tidak higienis dapat mempengaruhi hati dan meningkatkan jumlah bilirubin dari darah.

5. Kanker hati

Hati adalah organ yang sangat regeneratif. Itulah sebabnya banyak kasus kanker hati dapat disembuhkan. Tetapi, Anda tetap dapat mengembangkan kanker hati bahkan jika Anda tidak minum alkohol sekalipun.

6. Luka pada hati

Terlalu banyak lemak pada hati dapat mengakibatkan terbentuknya jaringan parut pada hati. Hal ini pada akhirnya menyebabkan sirosis hati. Orang gemuk lebih rentan terhadap jenis kerusakan hati tersebut.

7. Hepatitis
Hepatitis adalah jenis virus yang menginfeksi hati dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Hati-hati, penyakit ini tergolong penyakit yang menular. Anda dapat meminta vaksinasi hepatitis untuk menghindari infeksinya.

Hindari kebiasaan buruk makan makanan berlemak dan terlalu pedas. Ingat, Anda juga harus mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan yang tidak higienis.
 Sumber: merdeka.com

 

Sample Footer

Sample Footer

Sample Footer

Sample Footer

Copyright © 2013. hidup sehat - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com