Terbaru

Recent Posts

80 Persen penyakit jantung sebenarnya bisa dicegah


80 Persen penyakit jantung sebenarnya bisa dicegah

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di Amerika Serikat bagi pria dan wanita. Namun kardiolog Mayo CLinic mengungkapkan bahwa sebenarnya hampir 80 persen penyakit jantung bisa dicegah.

Dr Martha Grogam, editor medis di Mayo Clinic Healthy Heart for Life! menjelaskan beberapa tips untuk mencegah risiko penyakit jantung. Grogam menyarankan agar seseorang menambah gerakan fisiknya secara aktif selama 10 menit setiap hari. Hal ini karena gaya hidup menetap dan terlalu banyak duduk bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti halnya merokok.

Jika ingin jantung tetap sehat, sebaiknya Anda bergerak dari meja dan kursi Anda setiap hari. Entah untuk berbicara dengan rekan kerja atau berbicara di telepon.

"Bergerak selama 10 menit sehari bagi orang yang terbiasa duduk sepanjang hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50 persen," ungkap Grogam, seperti dilansir oleh Third Age (01/02).

Kebanyakan orang juga terlalu banyak tidur sehingga berpengaruh buruk pada jantung mereka, ungkap Dr Virend Somers dari Mayo Clinic. Somers menjelaskan bahwa tidur adalah kebutuhan seperti halnya makan dan minum, bukan sebuah kemewahan.

Terlalu banyak tidur bisa meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, dan depresi. Jadi sebenarnya penyakit jantung masih bisa dicegah dengan melakukan gaya hidup aktif setiap hari, menghilangkan kebiasaan merokok, dan mengurangi kebiasaan tidur yang berlebihan.

Sumber: merdeka.com
 

Sample Footer

Sample Footer

Sample Footer

Sample Footer

Copyright © 2013. hidup sehat - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com